Web Browser Favorit Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

ArsamLagi.comWeb Browser adalah alat wajib yang harus digunakan saat ingin menjelajah di dunia maya / internet. Tentu saja tanpa bantuan alat ini maka Anda akan kesulitan untuk mengakses berbagai informasi  di internet. Mungkin sebagian orang  masih agak awam dengan jelajah internet dan mungkin saja masih berpersepsi bahwa web browser itu berarti Internet Explorer yang sekarang sudah mulai merilis versi kedelapan meskipun masih beta. Padahal ada begitu banyak web browser yang dapat digunakan sebagai jendela untuk mengakses informasi dari dunia maya. Dimana semuanya memiliki berbagai fasilitas yang menarik dan sangat menunjang Anda untuk melakukan penjelajahan di dunia maya Nah, berikut ini beberapa web browser favorit beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing :

1. Mozilla Firefox

ArsamLagi.comSiapa sih yang tidak kenal dengan web browser satu ini yang katanya tercepat dalam hal membaca bahasa HTML dan menampilkannya dalam layar sebuah komputer. Web browser yang dibuat oleh Mozilla Corporation ini adalah salah satu web browser Open Source yang dibangun dengan Gecko Layout Engine. Tak hanya handal mozilla firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Selain itu, web browser satu ini adalah salah satu web browser yang bebas untuk dikembangkan. Akhirnya dengan resep dan ramuan oleh komunitas programmer-programmer handal ini di seluruh dunia menjadikan mozilla firefox handal dalam urusan menjelajah internet yang akibatnya mampu menggeser para pecinta internet explorer yang dulu merupakan web browser paling favorit dan tiada tanding atau yang menyainginya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Mozilla Firefox :

Kelebihan Mozilla Firefox :

-          Banyak fitur tambahan (Add-ons), ibarat kepingan puzzle, Add-ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user

-          Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia

-          Updatenya mudah

-          Sistem security yang kuat

Kekurangan Mozila Firefox :

-          Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak Adds-on yang terinstall

2. Opera

ArsamLagi.comOpera tentu sudah tidak asing lagi dengan perfomanya. Web browser yang satu ini memiliki tampilan yang komplit dengan disisipkan E-mail Client dan juga Rss sendiri sehingga tidak perlu menggunakan E-mail Client lain seperti Outlook, Thunderbird dll. Bahkan opera merambah dan melebarkan sayapnya ke dunia Mobile Browser dengan mengeluarkan web browser Opera Mini yang di pasang di berbagai merk handpone terkenal dan ternama karena memang perfomanya sangat baik buat digunakan di handphone. Opera dikembangkan oleh Opera Software Company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya add-ons firefox. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Opera :

Kelebihan Opera :

-          Ringan

-          Memiliki E-mail Client dan Rss sendiri, jadi tidak perlu memakai E-mail Client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya

-          Pemanggilan kembali cache cepat

Kekurangan Opera :

-          Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs

-          Untuk mengupdatenya harus mendownload kembali file masternya

3. Internet Explorer

ArsamLagi.comWeb browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows  yang tentunya merupakan  sistem operasi yang paling banyak di gunakan di dunia, buatan sang raksasa Microsoft. IE sendiri belum lama ini meluncurkan versi IE8. Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu Web Slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali web browser dibuka. Web Slice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa harus membuka tab baru. Content dari Web Slice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke Web Slice. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Internet Explorer :
Kelebihan Internet Explorer :

-          Menyediakan Add-ons, walaupun tidak sebanyak Mozilla Firefox

-          Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik

-          Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live

Kekurangan Internet Explorer :

-          Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)

-          Berat saat awal start dan saat membuka tab baru

4. Google Chrome

ArsamLagi.comGoogle Chrome adalah salah satu web broser yang tergolong masih baru yang di buat oleh raksasa search engine Google. Browser yang satu ini tergolong cepat dan gesit juga dengan tampilannya yang minimas namun power full seperti webnya saja google yang sangat minimalis namun sangat powerfull. Google Chrome pada dasarnya merupakan web browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah. Web browser ini sebenarnya masih dalam tahap pengembangan, namun Google berjanji bahwa akan meneruskan project ini untuk lebih baik. Walaupun masih terbilang baru, Google Chrome mempunyai angka fantastik untuk angka download hari pertamanya. Ini merupakan sebuah pembuktian bahwa publik ingin mencoba web browser rasa Google dan banyak dari mereka yang memberikan komentar puas terhadap Google Chrome. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Google Chrome :

Kelebihan Google Chrome :

-          Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab

-          Desainnya simpel dan minimalis

-          Updatenya mudah

-          Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker

Kekurangan google chrome :

-          Masih suka error untuk membaca CSS dan juga Java Scriptnya

5. Flock

ArsamLagi.comFlock adalah web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox.  Dimana web browser ini dikhususkan untuk menyediakan Social Networking dan Web 2.0. Flock sendiri didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet, mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs. Dengan Mengunakan Flock Anda dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang Anda inginkan. Browser ini memang sangat cocok untuk Anda yang selalu online dan sering berkunjung ke situs-situs komunitas. Fitur remember password akan disuguhkan ketika Anda memasuki form login di sebuah situs seperti firefox.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Flock :

Kelebihan Flock :

-          Tampilan yang memang lebih “gaul”,

-          Mendukung Adds-on layaknya firefox

-          Memiliki tombol “one-click” untuk blog editor, upload photo, akses situs-situs favorit Anda, Rss, dan Youtube

-          Memberikan kemudahan dalam bersosialisasi di internet

Kekurangan Flock

-          Hanya terkhusus dan dimaksimalkan untuk kemudahan bersosialisasi di internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s