Bencana Banjir Bandang Di Wasior

ArsamLagi.comBencana Banjir Bandang yang melanda kota Wasior di Papua Barat telah menyebabkan ratusan orang tewas dan hilang. Tak terkira kerugian material yang ditimbulkan olehnya. Peristiwa yang penuh duka ini juga memicu perdebatan terkait penyebab bencana alam ini.

Penyebab Bencana

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menegaskan jika penyebab banjir bandang di Wasior, Papua Barat, bukan disebabkan pembalakan liar atau illegal logging. Melainkan adanya evolusi morfologi atau perubahan bentuk tanah yang terjadi di lokasi bencana. Penegasan ini disampaikan Djoko Kirmanto usai membuka jambore Sanitasi di Depok, Jawa Barat, Selasa (12/10). Menurut Djoko, perubahan bentuk tanah yang terjadi berulang-ulang di wilayah datar dan terjal menyebabkan kondisi alam tidak seimbang. Sedangkan dari Walhi, Institut Hijau Indonesia, Greenpeace dan Komnas HAM menyatakan bahwa bencana banjir bandang yang meluluhlantakkan Kecamatan Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat adalah dikarenakan pembalakan liar, dan pemberian izin HPH yang tidak terkontrol.

Jumlah Korban

Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana jumlah korban tewas akibat banjir bandang di Wasior, Papua Barat, mencapai 108 orang. Hingga Jumat (8/10), sebanyak 116 orang masih dinyatakan hilang, 87 orang terluka parah, dan 34 lainnya mengalami luka ringan. Tim penyelamat masih melakukan pencarian korban banjir dan tanah longsor. Sebanyak 11 jenazah, satu di antaranya 1 orang anak kecil, telah ditemukan. Kesebelas jenazah tersebut sudah dimakamkan secara massal. Sementara itu, 13 kepala keluarga mendirikan 8 tenda darurat di atas bukit yang berjarak 1,5 kilometer dari Bandara Wasior. Tenda itu dibangun secara swadaya lantaran tak mendapat bantuan dari posko utama di Wasior. Mereka terpaksa turun ke posko utama untuk mendapatkan bantuan logistik.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s