Tips Mempercepat Penyembuhan Sariawan (Stomatitis)

ArsamLagi.comSariawan (Stomatitis) adalah radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Bercak itu dapat berupa bercak tunggal maupun berkelompok. Sariawan dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun tidak tergolong berbahaya, namun sariawan sangat mengganggu. Olehnya itu, banyak orang bersikap serampangan dalam memilih obat karena kuatnya dorongan ingin cepat-cepat terbebas dari sariawan yang terasa perih apabila bersentuhan dengan makanan atau terkena gigi. Akibatnya nafsu makan kita berkurang. Padahal, sebenarnya tanpa diobatipun, sariawan akan sembuh sendiri dalam jangka waktu 7-14 hari. Tergantung dari parah tidaknya sariawan yang terjadi.

Saat ini sudah banyak obat yang dikhususkan untuk mengatasi sariawan, akan tetapi untuk mempercepat penyembuhan sebaiknya Anda lakukan beberpa tips berikut ini:

1.      Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi.

2.      Berkumur dengan menggunakan air garam, untuk mengurangi rasa perih pada sariawan dan mempercepat penyembuhan. Memang akan terasa perih waktu berkumur, tetapi setelahnya akan cepat sembuh dan tidak terasa perih lagi.

3.      Hindari mengkonsumsi makan-makanan yang tajam, seperti keripik, ikan ( yang masih berduri ), cabai ( termasuk sambal ), dan sejenisnya.

4.      Jaga kebersihan mulut dengan extra hati-hati, batasi jumlah dan frekuensi makan, karena sering makan membuat lingkungan mulut sering kotor. Sikat gigi secara teratur dengan perlahan dan hati-hati.

5.      Jangan menggunakan obat kumur beralkohol untuk mengatasi sariawan, minuman beralkohol juga harus dihindarkan, demikian juga pasta gigi yang mengandung detergen ( zat aktif sodium lauryl sulfat ) akan membuat lapisan mulut mudah mengering, sehingga mudah terluka dan zat racun mudah menebus pori-pori mulut. Sebaiknya gunakan mouth wash yang mengandung thymol glyserin untuk mengurangi rasa tidak nyaman, atau berkumur dengan antiseptik yang mengandung chlorhexidine atau povidone-iodine.

3 thoughts on “Tips Mempercepat Penyembuhan Sariawan (Stomatitis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s