Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

ArsamLagi.comSulit Buang Air Besar (BAB) bukan sekedar masalah mengganggu kenyamanan, terdapat berbagai komplikasi yang sering menyertai misalnya wasir (ambeien), turun berok (hernia inguinalis) karena keseringan mengedan sampai resiko kanker usus besar. Jadi kesulitan BAB sudah selayaknya ditangani secara komprehensif dan jangka panjang.

Susah BAB mungkin langganan para remaja di kota-kota besar dikarenakan pola hidup dan makan yang kurang bersahabat dengan saluran cerna. Remaja putri lebih sering mengalaminya, dan umumnya terkait dengan ‘4 serba kurang’ yaitu porsi makanan yang kurang (diet ketat), kurangnya serat dari sayuran-buah, kurang minum air putih dan kurang gerak fisik. Jadi tidak heran sebagian dari kita sering jengkel dengan kebiasaan sulitnya BAB, BAB yang keras, bahkan hingga berdarah. Dan tidak jarang untuk menuntaskan masalah ini malah memilih lari ke konsumsi obat-obat pencahar. Sebenarnya masalah utamanya ya karena disharmonisasi di saluran cerna itu, sehingga perbaikan pola hidup dan makan lebih efektif.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memperlancar BAB.

– Pertama, banyak minum air putih sejuk, minimal 8 gelas sehari, terutama ‘sedetik’ menjelang tidur malam dan ‘sedetik’ setelah bangun pagi. Proses tidur akan membuat usus-usus kita juga ikut ‘tertidur’ sehingga pergerakannya kurang, sementara air putih sejuk akan merangsang persyarafan untuk pergerakan usus-usus yang sedang tertidur tadi.

– Kedua, banyak-banyak gerak, biar proses metabolisme dalam tubuh Anda lancar.

– Ketiga, perbanyak makan sayuran dan buah. Utamanya Pisang, pisang dapat menjadi alternatif pencahar alamiah yang sangat baik. Selain itu, pisang memiliki kandungan ion kalium yang cukup tinggi dan ion tersebut berperanan penting dalam pergerakan usus kita. Berbagai buah-buahan lain juga dapat mensuplai ion Kalium cukup baik pula. Konsumsi pisang sampai beberapa buah dalam sehari akan memperlancar siklus BAB dengan efek samping amat minimal ketimbang mengkonsumsi obat-obat pencahar. Perhatian terutama pada mereka yang mengidap penyakit ginjal kronik (gagal ginjal) dan penyakit jantung. Mereka dengan penyakit demikian memang tidak dianjurkan makan pisang rutin karena di dalam tubuhnya sudah tertumpuk ion Kalium yang berlebihan sehingga dapat terjadi keracunan.

5 thoughts on “Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s