Atasi Nyeri Haid (Dismenore) Dengan Mudah

ArsamLagi.comNyeri haid (Dismenore) adalah rasa nyeri / sakit yang timbul sewaktu akan haid atau selama haid (menstruasi), dengan gejala seperti mulas pada perut bagian bawah. Sebenarnya nyeri yang dirasakan saat haid, tidak hanya terjadi pada perut bagian bawah saja. Beberapa remaja perempuan bahkan merasakannya pada bagian punggung bawah, pinggang, panggul, paha hingga betis.

Rasa yang tidak nyaman ini disebabkan karena kontraksi otot perut yang sangat intens saat mengeluarkan darah haid. Kontraksi yang sangat intens ini kemudian menyebabkan otot menegang. Ketegangan otot ini tidak hanya terjadi pada otot perut, tetapi juga otot-otot penunjang otot perut yang terdapat di bagian punggung bawah, pinggang, panggul, paha hingga betis.

Selain itu, nyeri haid bisa saja disebabkan karena beberapa penyakit (seperti radang panggul), stres, endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus. Tapi penyebab nyeri haid yang paling sering, diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungannya dengan organ reproduksi.

Berikut ini, ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda coba sehingga Anda merasa lebih nyaman saat nyeri haid menyerang.

  1. Lakukan kompresan panas pada bagian yang terasa sakit. Suhu panas diketahui bisa meminimalkan ketegangan otot. Akibatnya setelah otot relaks, rasa nyeri pun akan berangsur hilang. Jika mungkin, cobalah berendam dalam air hangat yang diberi tetesan aromaterapi agar otot di seluruh tubuh menjadi relaks.
  2. Lakukan pijatan lembut pada bagian tubuh yang terasa pegal, sakit atau tegang.
  3. Hindari mengenakan pakaian yang ketat menjelang atau selama haid.

Untuk pengobatan anda bisa menggunakan ramuan-ramuan berikut ini:

  1. Kupas, cuci dan iris memanjang 3 jari kunyit. Selanjutnya seduh dengan air panas dan tambahkan asam jawa serta gula merah hingga rasanya manis asam. Ramuan ini dapat membantu melancarkan haid dan mengurangi nyeri.
  2. Parut jahe  lalu rebus bersama air teh selama 10 menit. Perbandingannya, satu sendok teh jahe parut untuk satu cangkir air teh.
  3. Seduh bubuk kayu manis sebanyak 0,5 – 2,5 gram dengan menggunakan air panas sebanhyak (1/2 gelas). Minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama.

Adapun beberapa upaya untuk mencegah datangnya nyeri haid adalah sebagai berikut:

  1. Perbanyak makan buah dan sayuran, terutama semangka, mentimun dan seledri.
  2. Kurangi makan daging dan hindari garam.
  3. Mengkonsumsi suplemen vitamin A, B-kompleks, C, E, dan magnesium baik untuk mengatasi masalah haid.

“Semoga pemaparan diatas berguna buat Anda”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s