Merawat Handphone Dengan Benar

ArsamLagi.comHandphone atau yang dalam bahasa Indonesia berarti telepon genggam dan lebih di kenal dengan istilah ponsel merupakan salah satu alat yang sangat menunjang aktivitas kita sehari-hari, apalagi kini ponsel semakin berkembang pesat baik dari sisi teknologi maupun tampilan. Ponsel harus selalu siap dimana saja dan kapan saja dibutuhkan. Oleh karena itu ponsel harus senantiasa dirawat agar tahan lama. Untuk itu, di perlukan beberapa perawatan yang benar.  Berikut beberapa cara merawat ponsel dengan benar:

–  Gunakan pelindung seperti sarung ponsel / tas ponsel untuk menghindari goresan maupun kotoran yang menempel. Juga resiko akibat benturan atau terjatuh bisa diminimalisir.

–  Bersihkan ponsel secara rutin dari debu, kotoran, bercak ataupun minyak dengan menggunakan kain pembersih yang lembut, kering dan menyerap air, seperti kain berbahan katun dan jangan sekali kali menggunakan cairan kimia yang tidak direkomendasikan untuk membersihkanya. Bersihkan bagian luar dan dalam, utamanya pada bagian keypad ponsel. Keypad ponsel apabila kotor maka keypad hang atau salah satu tombolnya tidak berfungsi. Akibatnya fungsi utama ponsel yang tadinya untuk mengetik dan mengirim sms jadi hilang. Selain itu, hindari menekan keypad dengan kasar, tekanlah keypad dengan halus. Ketika ponsel disimpan atau tidak dipakai untuk sementara, selalu posisikan ponsel anda dalam mode “keypad locked” agar ponsel tetap aman jika tombolnya tertekan.

–  Hindari penggunaan casing palsu karena kedudukannya yang tidak pas, hal itu bisa menyebabkan beberapa tombol sulit ditekan dan membuat ponsel terjepit atau tertekan. Akibatnya bisa saja beberapa perangkat lain rusak, seperti layar pecah. Terlalu sering gonta-ganti simcard juga akan menyebabkan dudukan simcard atau simholder menjadi longgar.

–  Cas Hape anda sampai benar benar penuh, dan isi ulang baterai bila memang sudah habis, walaupun jenis baterai yang baru seperi Lithium Polymer dapat di isi kapan saja tetapi secara umum, jika melakukan pengisian yang terlalu sering akan memperpendek usia baterai. Dan sebaiknya pengecasan dilakukan pada saat kondisi ponsel non-aktif agar pengecasan bisa berjalan dengan sempurna.

–  Aktifkan kode akses Ponsel, baik pada ponselnya maupun pada simCardnya. Hal ini akan mencegah pemakaian oleh orang orang yang mungkin tidak berhak. Bila mungkin install aplikasi pengaman untuk mengantisipasi kehilangan dan ulah tangan tangan jahil. Aktifkan pula keypad lock (pengunci keypad), hal ini akan mencegah pemakaian yang tidak disengaja, misalnya secara tidak sadar beberapa tombol tertekan sehingga melakukan dial kenomor tertentu tanpa anda sadari. Hal ini selain mengurangi pulsa anda atau membengkakan tagihan pasca bayar juga akan mengganggu kenyamanan orang yang menerima panggilan tidak disengaja tersebut. Terakhir, catat nomor IMEI, PIN dari security code dan PIN Code Anda lalu simpan ditempat yang aman sebagai cadangan bila Anda lupa. IMEI bisa digunakan untuk mengautentikasi apabila ponsel anda hilang atau untuk mencari security code (denngan bantuan software seperti m code) seandainya anda lupa. Juga akan membantu apabila Anda lupa dengan PIN code (simcard code) sehingga tidak kejadian SIM CARD Anda di blokir permanen gara-gara memasukan PIN code dan PUK yang salah.

“Semoga Bermanfaat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s