Merawat Laptop Dengan Baik

ArsamLagi.comLaptop atau banyak yang bilang komputer jinjing adalah salah satu barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak dirawat dengan baik, akibatnya tak jarang laptop yang kurang dirawat oleh pemiliknya sering-sering keluar masuk tempat service Laptop. Memang benar merawat laptop itu tergolong susah-susah gampang. Namun pada dasarnya ketika anda menjadika merawat laptop adalah kebiasaan baik Anda maka merawat laptop menjadi hal yang sangat gampang. Nah, berikut beberapa kiat-kiat tuk merawat laptop dengan baik.

1. Gunakan sesuai porsinya – Yang harus Anda perhatikan dalam merawat laptop dengan baik  adalah bahwa laptop jangan sekali-kali Anda samakan dengan komputer desktop, walaupun dengan spesifikasi yang sama namun untuk laptop kalau bisa jangan sampai dipake berjam-jam atau seharian penuh layaknya Anda menggunakan komputer desktop, karena dari sisi desain dan peruntukkannya memang berbeda, kalau desktop memang didesain untuk digunakan berjam-jam kalau laptop didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile atau tidak mengenal tempat untuk bekerja dalam artian menggunakan laptop itu memiliki batasan waktu, 3-4 jam mungkin adalah waktu maksimal untuk sebuah laptop bekerja.

2. Gunakan pada tempat yang aman – Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi yakni pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk biasanya akibat laptop pernah jatuh ataupun terbentur. Sementara kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

3. Perhatikan sirkulasi udara – Agar laptop awet pastikan laptop selalu pada kondisi dimana sirkulasi udara lancar, banyak masalah laptop yang terjadi dikarenakan masalah panas. Jangan gunakan laptop di tempat tidur atau tempat yang memiliki permukaan yang lembut dikarenakan permukaan yang lembut mengakibatkan ketika laptop diletakkan diatasnya akan menutup aliran udara pada bawah laptop sehingga laptop akan menjadi panas.

4. Perhatikan kestabilan tegangan listrik – Kestabilan tegangan listrik sangat berpegaruh terhadap baterai laptop ketika laptop sedang di charge. Agar baterai awet untuk pemakaian yang lama dan kecendrungan tegangan listrik yang tidak stabil, ketika anda bekerja menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama lebih baik baterai dilepaskan saja agar baterai tidak diisi terus oleh listrik. Dan ketika mencharge dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut, biasanya laptop memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda dan jangan paksakan baterai dalam kondisi habis benar kalau sudah hampir habis pastikan laptop dimatikan atau segera dicharge kembali jangan sampai menunggu laptop mati sendiri karena kehabisan baterai. Dan ingat, ketiga mencharge rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop, jangan sampai membuat orang lain tersandung.

5. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet – Di internet ada banyak sekali software gratis yang semuanya belum tentu aman dri virus. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

3 thoughts on “Merawat Laptop Dengan Baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s