Penyakit Gondok

ArsamLagi.comBenjolan pada leher bisa diartikan macam-macam, tergantung pada letak dan besarnya benjolan tersebut dan juga gejala lain yang menyertainya. Bila letaknya persis di bawah rahang biasanya merupakan pembesaran kelenjar ludah atau getah bening, tetapi bila benjolan agak tengah ke bawah maka kemungkinan adalah pembesaran kelenjar gondok.

Pembesaran kelenjar gondok atau yang lebih dikenal dengan istilah Gondok atau Struma adalah suatu pembengkakan atau pembesaran kelenjar tiroid yang abnormal yang penyebabnya bisa bermacam-macam. Kelenjar tiroid dalam keadaan normal tidak tampak, merupakan suatu kelenjar yang terletak di bawah leher bagian depan, di bawah jakun. Kelenjar tiroid ini berfungsi untuk mengontrol metabolisme tubuh sehingga tercapai pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Pada pembesaran kelenjar gondok di stadium awal tidak disertai keluhan atau gejala, tetapi bila berkembang lebih lanjut biasanya akan timbul berbagai gejala.

Adapun gejala yang timbul adalah :

1. Keluar keringat dalam jumlah yang banyak

2. Suka berdebar-debar dan suara agak serak

3. Pembengkakan pada leher bagian depan, secara bertahap membesar dan berbentuk benjolan

4. Pada pemeriksaan laboratorium bisa didapatkan kelainan pada kadar hormon tiroid dan peningkatan laju endap darah

Namun perlu pula dicatat, kebanyakan penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Dan yang paling berpotensi untuk terkenah penyakit gondok adalah mereka yang kebanyakan tinggal di daerah dataran tinggi dan pegunungan dan daerah dengan tingkat ekonomi yang rendah. Penyakit gondok sendiri lebih cenderung menyerang para wanita, khususnya wanita dewasa. Kekurangan yodium pada wanita hamil kadang-kadang menyebabkan bayi meninggal dunia atau dilahirkan dengan kelambatan mental dan/atau tuli (krenitisme) meskipun si ibu tidak menderita penyakit gondok. Tapi walaupun demikian penyakit gondok sendiri masihbisa disembuhkan dengan beberapa cara pengobatan alternatif, diantaranya:

1. Sediakan sepuluh lembar benalu teh, kemudian direbus bersama air dingin kira kira 1 liter. Tunggu sampai air rebusan benalu teh ini tinggal dua gelas, baru kemudian diangkat dan didinginkan. Minumlah air ini dua kali sehari, pagi dan sore. Lakukan secara rutin (setiap hari) selama tiga bulan, lambat laun gondok akan kempes tanpa di operasi.

2. Siapkan 30 gram temu putih segar + 10 gram sambiloto kering, dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

3. Ambil 30 gram benalu teh kering + 30 gram daun dewa segar, dicuci bersih, lalu direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

4. 25 gram rumput laut che chai (Porphyra tenera) atau rumput laut hai tai/kun bu (Laminaria japonica) dibuat sop, lalu dimakan.

Terakhir, lakukan pencegahan karna mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Adapun cara pencegahan penyakit gondak adalah sebagai berikut :
1. Pakailah garam beryodium

2. Makan makanan hasil laut seperti ikan, kerang dan rumput laut

3. Rajin mengkomsumsi susu, daging, telur dan air minum

4. Hindari jenis makan yang diperkirakan mempunyai sifat goitrogenik seperti kol, kedelai merah, dan singkong yang belum dimasak. Zat nitrogen menghambat penyerapan yodium oleh sel kelenjar gondok.

 

“Semoga Bermanfaat”

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s