Bencana Tsunami Di Kepulauan Mentawai

ArsamLagi.comBencana Tsunami kini melanda Kepulauan Mentawai setelah beberapa tahun lalu tsunami meluluhlantakkan sebagian Pulau Sumatra. Bencana kali ini juga menelan banyak korban namun tak sebanyak ketika tsunami beberapa tahun lalu melanda sebagian Pulau Sumatra.

Penyebab Bencana

Menurut situs resmi BMKG, gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter yang mengguncang Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Senin (25/10/2010) pukul 21:42:20 WIB, mengakibatkan Tsunami setinggi dua meter. Namun sebuah masalah yang muncul kepermukaan yakni Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dinilai terlalu buru-buru mencabut peringatan potensi tsunami pasca gempa 7,2 SR di Kepulauan Mentawai, Sum-Bar, sehingga korban berjatuhan. Namun, di mata ahli kebumian, apa yang dilakukan BMKG pada waktu itu sudah benar.

Jumlah Korban

Berdasarkan data yang dilansir dari Posko Penanganan Tsunami Kecamatan Sikakap, Pagai Utara per 30 Oktober 2010, sebanyak 413 warga meninggal dunia, 270 luka berat, dan sekitar 140 orang mengalami luka ringan karena bencana tsunami menerjang Kepulauan Mentawai. Memasuki hari ke-6 pasca tsunami di Kepulauan Mentawai, beberapa wilayahnya masih sulit dijangkau. Saat ini aktivitas warga dibeberapa wilayah masih lumpuh. Namun, sebagian warga telah pulang ke rumah dan mulai membersihkan rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s