Jenis-Jenis Virus Pada Komputer

ArsamLagi.comPada dasarnya virus pada komputer bisa dikelompokkan dan dibagi kedalam beberapa jenis. Namun pada tulisan kali ini secara sederhana kita akan mencoba membagi virus pada komputer ke dalam 3 jenis. Yakni :

1.       Virus Komputer Berdasarkan Cara Kerjanya

2.       Virus Komputer Berdasarkan Tingkat Keganasannya

3.       Virus Komputer Berdasarkan Tujuan Penciptaanya

Nah, untuk lebih jelasnya melalui tulisan ini kita akan mencoba untuk memahami ketiga jenis virus pada komputer ini, berikut penjelasannya :

1.    Virus Komputer Berdasarkan Cara Kerjanya

Layaknya pada manusia, tidak semua virus yang menjangkiti manusia sama cara kerjanya. Ada virus yang menyerang seluruh tubuh contohnya Virus DBD dan ada virus yang hanya menyerang satu organ tertentu contohnya Virus Hepatitis yang menyerang Hati. Begitupun pada komputer, tidak semua virus yang menjangkiti komputer menyerang semua folder dan file yang ada, akan tetapi memiliki bagian masing-masing. Contoh virus dan cara kerjanya :

–          Virus File

Virus jenis ini memanfaatkan file data atau program untuk menyebarkan virusnya. Singkatnya, virus ini dapat dikelompokkan sebagai berikut:

a.    Virus File Overwrite

Virus ini akan menempel / menindih seluruh bagian dari program, sehingga bagian dari program tersebut akan hilang, digantikan dengan program virus. Dengan kata lain Virus File Overwrite akan mengcopy virusnya ke file yang diinfeksi.

b.    Virus File Non Overwrite

Virus jenis ini menempel pada file, namun tidak akan merusak file program yang diserangnya. Prinsip kerjanya mirip dengan Virus File Overwrite; hanya saja, ia tidak akan menindih file asli, tapi menempelkan dirinya di awal file asli sehingga file asli akan tergeser dan ukurannya otomatis akan berubah.

c.     Virus File New File

Virus File New File sebetulnya tidak murni 100% virus. Karena virus ini hanya menggandakan dirinya dan tidak menempel pada file atau virus ini hanya membuat copyan programnya sendiri dengan kriteria tertentu. Kalaupun ia menempel, dapat dipastikan tidak akan dapat bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga file yang sudah diinfeksi (kalau ada) tidak dapat menjadi file infector dari file virus yang mempunyai kemampuan menulari file lainnya. Jenis ini sebenarnya adalah WORM. Tapi karena publik sering menyebut dan menganggapnya sebagai virus maka melalui tulisan ini kita sepakat bahwa Virus File New File adalah juga virus yang patut diwaspadai dan harus dibasmi.

–          Virus Boot Sector

Virus ini dalam aksinya menggunakan bagian disk yang bernama boot sector atau boot record. Dimana boot sector atau boot record berisi informasi tentang OEM beserta vesinya, kapasitas disk, jumlah byte per sector, jumlah sector per cluster, jumlah FAT, jumlah maksimun file pada root directory dan lain sebagainya. Kerja dari jenis virus ini bisa digambarkan sebagai berikut :

Boot Record asli diganti dengan Boot Record virus à Boot Record virus membelokkan proses menuju Boot Record Asli à Rutin pembelok interupsi dibaca à Rutin virus resident dijalankan à Interupsi yang telah dimanipulasi virus juga akan dijalankan (jika perintah interupsi system dijalankan).

–          Virus Hybird

Virus Hybird merupakan virus gabungan antara Virus File dan Virus Boot Sector, virus ini dapat menyerang boot sector dari disket atau partisi dari hard disk, namun juga dapat menyerang ke suatu file yang dapat diproses. Virus ini mempunyai tingkat pemrograman yang cukup sulit. Sehingg cukup jarang ditemukan, contohnya adalah Virus Mystic atau disebut juga sebagai Virus Liberty. Virus ini akan menyerang boot sector dan file-file yang berakhiran COM, EXE dan file-file Overlay.

 

2.    Virus Komputer Berdasarkan Tingkat Keganasannya

–          Virus Jinak

Virus ini biasanya tidak mempunyai kemampuan merusak tapi hanya menumpang ataupun menempel dan tidak merusak media penyimpan.

Contoh:

Virus Den Zuko yang akan menampilkan gambar grafik ketika dilakukan proses booting.

–          Virus Ganas

Virus ganas adalah virus yang merusak media penyimpan, tetapi kerusakannya masih dapat dipulihkan kembali.

–          Virus Mematikan

Virus ini biasanya merusak dan tidak dapat disembuhkan lagi. Kalau sudah terinfeksi virus ini, maka kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat fatal dan tidak dapat diperbaiki lagi.
Contoh:

Virus Michael Angelo


3.    Virus Komputer Berdasarkan Tujuan Penciptaanya

Ketika kita berbicara mengenai virus tentunya yang akan pertama kali muncul di benak kita adalah bahwasanya virus itu merugikan, baik dengan sifatnya yang merusak maupun dengan sifatnya sebagai pengacau. Tapi kenyataanya, saat ini sudah ada virus yang diciptakan dimana virus ini sifatnya menguntungkan. Sebagai contoh, Virus Pray. Virus Pray merupakan salah satu virus lokal yang dibuat menggunakan Visual Basic. Jika komputer terinfeksi oleh virus ini, saat penunjuk waktu di komputer tersebut menunjukan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45, virus ini akan menampilkan pesan yang mengingatkan user untuk melakukan shalat. Dengan demikian, tentunya virus ini telah memberikan sumbangsih dalam hal mengingatkan orang untuk menunaikan kewajibannya, utamanya bagi Ummat Islam.

 



One thought on “Jenis-Jenis Virus Pada Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s